Sabtu, 12 Desember 2020

BIOGRAFI

 


Biografi merupakan kisah hidup seseorang yang diceritakan oleh orang lain. Sedangkan  autobiography  adalah  kisah hidup  seseorang yang diceritakan oleh dirinya sendiri .Apa saja yang perlu dilakukan sebagai penulis biografi? Simak kisah salah seorang penulis biografi berikut. 

Manfaat  Menulis  Otobiografi


Gambar: Dokumentasi narasumber

Seorang penulis yang menulis riwayat hidupnya memiliki  manfaat antara lain:

1. Mengabadikan  riwayat  hidupnya,  sehingga  bila suatu saat nanti telah tiada, maka keturunannya dapat mengetahui kisah-kisah pendahulunya tersebut semasa hidupnya. 

2. Hal-hal yang yang merupakan pengalaman pada dirinya dapat menjadi  pembelajaran  bagi generasi berikutnya.

3. Memotivasi  generasi berikutnya agar berprestasi  seperti pendahulunya.

4. Mempertahankan prestasi dan hal-hal baik lainnya agar lenyap   ditelan  jaman.

 

Memulai Menulis Biografi



Sebelum menulis sebuah biografi, mulailah lebih dulu membaca  biografi orang-orang  ternama. Tujuannya untuk menemukan inspirasi mengenai  gaya penulisan, lay out,  dan  materi cerita  yang akan ditulis. Usahakan untuk membaca sedikitnya dua buku biografi  agar dapat membuat perbandingan tulisan.

Setelah membaca buku biografi orang lain itu, buatlah sebuah outline dan membuat jadwal menulis. Buku akan lebih mudah ditulis berdasarkan outline yang telah dibuat dan berdasarkan pengalaman sendiri. Tulisan akan mengalir dengan mudah.

Penulisan buku  autobiografi  merupakan suatu proses kegiatan  menulis yang paling  mudah  karena berdasarkan pengalaman sendiri. Karena itu, tulislah  apa  yang  dilakukan,  dirasakan, dipikirkan,  diimpikan, dibayangkan, dikuasai,  dan disukai  agar tulisan menjadi lengkap,  terperinci dan berbobot.

Jika menulis hal-hal yang disukai maka  kegiatan menulis  menjadi lebih nyaman,  menyenangkan dan dapat dilakukan  terus menerus. Selain itu, penulis akan melibatkan rasa dalam  hati  sehingga  bahasa yang digunakan lebih menarik untuk dibaca dan dirasakan  oleh pembaca.

Fokus Penulisan

Untuk menghasilka sebuah karya tulisan, seorang penulis harus memiliki sikap disiplin  dan konsisten  dengan jadwal  yang telah dibuatnya. Tidak  ada perkara  besar  yang dapat diselesaikan tanpa disiplin  dan konsistensi.

Penulis  itu  dapat dikatakan sebagai orang  hebat,  orang luar  biasa.  Pemikirannya  melampaui kebanyakan  manusia. Penulis  itu pengetahuannya mendalam, memiliki  wawasan  luas.

Oleh  karena  itu  penulis  hebat  hendaknya  memiliki  kegemaran  membaca.  JK Rowling, penulis buku Harty Potter, sejak  masa  kanak  kanak  sudah menjadi  kutu  buku karena  difasilitasi  oleh  orang tuanya. Pada usia  11 tahun, ia sudah menulis  buku.

Penulis  itu kadang kadang  dianggap  sebagai orang aneh. Kadang  rela  bajunya  sedikit,  rumahnya  sederhana,  mobilnya  sederhana,  tapi  bukunya  banyak.

Setiap orang mungkin memiliki sisi  kelam  yang buruk. Dalam menuliskan autobiografi,   penulis hanya perlu memperhatikan nilai  edukatif yang akan ditulis dari pengalaman hidup. Kisah nenyenangkan  dan bernilai  edukatif  dan bisa menginspirasi  pembaca  layak  untuk  ditulis.

Pembaca Biografi

Penulisan buku  biografi dilakukan tidak perlu menunggu saat penulis harus hebat dulu. Riwayat  hidup  sendiri dapat ditulis berupa kesederhanaan, kejujuran, keikhlasan, kedisiplinan, dan pengorbanan  yang dapat diangkat menjadi  topik  inspiratif.


Gambar: Dokumentasi narasumber

Tidak perlu khawatir jika tidak ada yang membaca. Kelak, anak dan cucu, atau murid-murid akan membacanya. Siapa saja dapat belajar dari orang-orang disiplin, dan orang-orang yang tulus ikhlas. 

Biodata

SUPARNO, S. Pd., M. Pd., lahir di Magetan, 25 Juli  1966. Saat ini tinggal di Desa  Pojoksari  RT 21 RW 3 Sukomoro,  Magetan. Perjalanan karir telah dilalui sebagai Guru selama 25 tahun. Lima tahun di antaranya dilalui sebagai Kepala  Sekolah. Enam tahun yang akan datang, tepatnya tahun 2026 akan memasuki masa pensiun.

Prestasi  yang pernah  dicapai antara lain: Lulusan terbaik D3 IKIP Surabaya tahun 1989, lulusan terbaik  tingkat  jurusan  S1 Universitas  Wima  th 1996, Juara  2Guru Berprestasi  Tingkat  Kabupaten tahun 2011, Narasumber Nasional Guru Pembelajar  tahun 2016-2018.

Jejak  Literasinya berupa Perjuangan  Hidupku, Telaga  Ilmu, Pranatacara lan Pamedhar S├ábda, Potret  Desa  Pojoksari, Permasalahan BK di Sekolah. Catatan  Harian  Seorang  Kepala  Sekolah, Catatan  Kepala  Sekolah.

 Sumber: Suparno, S. Pd., M. Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar